Cegah DBD, Mas Fran Bersama Warga Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Kota Metro – Dalam Rangka mengantisipasi dan pemberantasan serta meningkatkan kewaspadaan dini terhadap berkembangnya Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD), mas Fran bersama warga kelurahan Hadimulyo Timur kecamatan Metro Pusat melakukan giat penyemprotan sarang nyamuk secara massal dengan insektisida di lingkungan RT/RW setempat, Minggu pagi (01/03/2020).

Masyarakat Hadimulyo Timur nampak antusias dan mereka menunjukan tempat-tempat kepada mas Fran yang dicurigai sebagai tempat berkembangnya nyamuk di daerah tempat tinggal mereka. Dengan adanya pemberantasan dengan insektisida ini, diharapkan akan lebih tepat mengantisipasi agar tidak ada lagi warga mereka yang terkena penyakit Demam Berdarah.

Ketua RW 14, Evi Elviana menerangkan, Kegiatan ini merupakan ide warga setempat dalam rangka pencegahan tehadap DBD.

“Karena akhir-akhir ini, informasi kasus demam berdarah warga Metro semakin luas, maka itu sesegera mungkin kita lakukan pencegahan untuk membantu pihak kesehatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, melakukan penyemprotan insektisida terhadap nyamuk lebih efektif jika dibandingkan dengan tindakan-tindakan lainnya seperti pengasapan (Fogging). Tentunya dengan cara ini, kemungkinan besar jentik maupun nyamuk dewasa bisa dikendalikan secara menyeluruh.

“Penggunaan Insektisida, tentu dengan dosis yang tepat, mudah-mudahan dapat mencegah DBD secara efisien, sehingga DBD dapat Kita atasi,” pungkasnya.

Adapun bahan aktif yang dipakai untuk penyemprotan adalah campuran insektisida Pastac (Alfametrin), Gramaxone (Parakuat diklorida) dan Lindomin (Phenol). Sedangkan target Penyemporatan seperti parit-parit, tumpukan sampah dan objek yang dicurigai tempat sarang nyamuk.

Dikesempatan yang sama, calon wakil Wali Kota Metro pasangan calon Wali Kota Ana Morinda, Fritz Akhmad Nuzir atau mas Fran, secara langsung ikut berpartisipasi dalam Kegiatan tersebut, memberi apresiasi atas inisiasi warga Hadimulyo Timur dalam menjaga dan peduli lingkungan.

“Ini sangat bagus, jadi masyarakat tanpa harus menunggu instruksi dari pihak kesehatan sudah jalan sendiri, dengan begini warga sudah membantu kesehatan dalam upaya penanganan dan pencegahan,” ujarnya.

Menurut Fran, selain upaya pencegahan dan penanganan, akan lebih baik jika memperhatikan lingkungan sejak awal. Mulai dari membersihkan parit, menimbun sampah, menguras bak mandi secara berkala serta tindakan lainnya untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

“Drainase yang tersumbat, tempat genangan air dan sampah adalah tempat yang disukai nyamuk,” katanya.

Setelah turun tangan dalam kegiatan, kemudian mas Fran menyempatkan waktu untuk menyapa warga dan menerima beberapa keluhan terkait lingkungan di kelurahan Hadimulyo Timur. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini