Enny: Pelaku Koperasi Syariah Harus Responsif Generasi Milenial

Kota Metro – Enny Puji Lestari, M.E.Sy (Dosen IAIN Metro) menjadi pemateri dalam Kursus Daring yang diadakan oleh Metro Kita Center, Kamis (6/8). Dalam kesempatan tersebut, Enny (sapaan akrab) memaparkan materi mengenai Peluang dan Tantangan Koperasi Syariah Era New Normal.

“Secara konseptual, koperasi syariah berbeda dengan koperasi konvensional. Dalam operasionalnya, koperasi menjalankan nilai-nilai dalam agama Islam. Nilai-nilai tersebut meliputi: shidiq (jujur), istiqomah (konsisten), tabligh (tranparan), amanah (dapat dipercaya), fathana (professional), ri’ayah (solidaritas), dan mas’uliyah (responsibilitas),” jelas Enny.

Menyikapi perkembangan yang pesat dalam dunia digital, Enny mengusulkan agar pelaku koperasi syariah harus responsif generasi millineal.

“Secara Kuantitatif, generasi millineal merupakan pengguna internet terbesar di dunia. Oleh karana itu, penggunaan IT dalam pengembangan koperasi harus merespon saluran-saluran digital yang digunakan oleh generasi millineal,” ujarnya.

Ceruk pasar tersebut menurut Enny bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu koperasi syariah harus fleksibel menyikapi perubahan dan kebutuhan masyarakat luas.

Salah satu peserta menanyakan perihal banyaknya koperasi yang mengalami mati suri di Kota Metro.

“Bulan Maret lalu diberitakan ada 153 koperasi yang mati suri di Kota Metro. Bagaimana pandangan Ibu terkait hal tersebut?”

Enny menjawab panjang lebar pertanyaan tersebut. Menurutnya ada banyak factor yang menyebabkan koperasi gagal bertahan.

“Selama ini produk yang paling banyak difungsikan adalah simpan-pinjam untuk kebutuhan konsumtif, padahal masih ada banyak produk lain. Koperasi sebenarnya bisa menjalankan fungsi profuktivitas. Misalnya untuk menjalankan usaha anggota.”

Dirinya juga menerangkan, “Kapabilitas atau kemampuan anggota koperasi sangat menentukan masa depan koperasi. Pengembangan SDM menjadi kunci,” tutup Enny. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini