Online Course 3 Bahas Sumberdaya Air, Arsitektur Lanskap dan Lingkungan Binaan Berkelanjutan

Kota Metro : Sesuai jadwal, Metro Kita Center (MKC) kembali menggelar rutin Online Course ke 3 sesi ke 2, Minggu (5/7). Acar berlangsung selama 3 jam menggunakan fasilitas video conference Zoom dan disiarkan live via channel YouTube Metro Kita Center.

Direktur MKC Meiwan Fathoni menyampaikan, course ke 3 seri ke 2 ini diisi oleh 3 pemateri dengan berbagai macam latar belakang. “Dr. Eng. Beta Paramita dengan tema Sustainable Development of Built Environment atau Pembangunan Berkelanjutan Lingkungan Buatan lalu bapak Dr. (Can) Sugiyono (University of Kitakyushu) dengan tema Sumber Daya Air Perkotaan dan bapak Anggi Mardiyanto, SP, MSi, IALI (ITERA) dengan tema Konservasi Lanskap Perkotaan,”ucapnya.

Dikutip dari laman YouTube MKC, Dr. (cand) Sugiyono memaparkan bahwa sumberdaya air perkotaan menjadi sebuah problematika pemenuhan kebutuhan air domestik di kota kecil. “Problematika pemenuhan air domestik di Global, Nasional dan Lokal serta Problematika pemenuhan kebutuhan air domestik di kota kecil dan alternatif strategi pengembangannya dengan studi kasus yang sedang saya kerjakan yaitu di Kota Metro,”ujarnya.

Lalu, Anggi Mardiyanto, SP, MSi, IALI (ITERA) menyampaikan materi tentang konservasi lanskap di perkotaan yang menurutnya yaitu bentang alam dan terbagi menjadi dua yakni lanskap alami dan lanskap binaan. “Lanskap atau bentang lahan atau bentang alam merujuk pada susunan daerah tanah dan representasi visualnya. Dalam hal fisik, istilah lanskap menyatakan penafsiran visual atas susunan tanah, karena ini adalah cara utama di mana lanskap dirasakan,” katanya.

Sedangkan Dr. Eng. Beta Paramita membahas tentang Sustainable Development of Built Environment menurutnya. “Pengukuran densitas jauh, yang mengukur curah bangunan unit hunian dan jumlah rumah tangga populasi per hektar (Ha) serta yang mengukur berdampak pada jalan dan layanan,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini