Prihatin dengan Permainan Tradisional yang Mulai Menghilang, Mas Fritz Temui Komunitas Pecinta Layangan

Kota Metro : Kelompok Pecinta Layangan Kota Metro sampaikan aspirasi kepada Bakal Calon Wakil Walikota Kota Metro Fritz Akhmad Nuzir di Kelurahan Yosomulyo, Selasa (22/9) Malam.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pecinta layangan Fajar menyampaikan bahwa kelompok tersebut merupakan wujud prihatin terhadap permainan tradisional saat ini. “Sekarang kami para pemuda sangat prihatin dengan kondisi permainan tradisional seperti layangan sudah tidak lagi digemari oleh anak-anak, maka saya bersama kawan-kawan memang mencintai layang-layang dan berharap permainan ini dapat terus dimainkan serta dilestarikan,” ucapnya.

Dirinya juga mengharapkan bahwa wadah atau kelompok tersebut dapat menjadi penyemangat bagi anak-anak agar kedepannya terus berkembang. “Alhamdulillah hanya kami di Metro yang tetap semangat dalam berkelompok bersama-sama bermain layangan, dan semoga bisa menjadi panutan bagi anak muda agar tetap memainkan layangan tersebut,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Bakal Calon Wakil Walikota Metro Fritz Akhmad Nuzir mengatakan bahwa kegiatan kelompok seperti ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah. “Saya selalu menyampaikan bahwa akan terus mendukung kelompok yang membawa unsur positif dan ini sangat bagus mengingat sudah jarang sekali anak-anak muda yang mau memainkan layangan tersebut,” timpalnya.

“Mungkin ke depan harus diadakan semacam perlombaan atau kontes layang-layang dengan harapan agar anak kecil dan remaja terus menerus mengenal permainan tradisional serta menjadi pusat rekreasi baru yang ada di Kota Metro,”lanjutnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini bisa masuk di misi Anna-Fritz yaitu tentang pengembangan Literasi Seni, Budaya dan Rekreasi dalam konteks pembinaan minat serta bakat Komunitas. “Juga terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif berbasis komunitas, ini bagian dari 9 Sasaran Inovasi dan Prioritas Pembangunan (SIPP),”sambungnya.

“Kemudian wujudnya dalam beberapa program unggulan yaitu Ruang Kreasi Publik yang memberikan fasilitas untuk komunitas, kemudian Event-event Unggulan yang menyediakan media promosi dan menjadi daya tarik kunjungan ke Metro. Dan yang terakhir terkait juga dengan program Kampung Inovasi yang secara langsung memberdayakan masyarakat melalui seni, budaya, dan rekreasi,”pungkasnya.

(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini