Uji Coba Mutu Padi Kometroganik

Kota Metro : Metro Kita Center (MKC) lakukan pengujian residu pestisida dan mutu Padi Kometroganik dari Demplot I, II dan V, Senin (31/8).

Hal tersebut disampaikan perwakilan dari MKC Ali Nurdin, menurutnya, pengujian dilakukan pada dua laboratorium yang berbeda.

“Pertama tadi di Laboratorium Pengujian Mutu Hasil Pertanian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Lampung untuk menguji hasil Residu Pestisida Organofosfat atau zat kimia sintesis yang terkandung pada pestisida untuk membunuh hama (serangga, jamur atau gulma) dan diterima langsung oleh tim analis, Melia Tri Anggraini, S.Si,” ucapnya.

Selanjutnya, pengujian dilaksanakan di Politeknik Negeri Lampung (Polinela), “Yang kedua kami bawa sampel ke Laboraturium Teknologi Hasil Pertanian Politeknik Negeri Lampung (Polinela) untuk menguji mutu dan kandungan pangan seperti air, abu, serat KSR, protein, lemak dan karbohidrat yang diterima langsung oleh Subandi, Spd. sebagai pranata laboratorium,” imbuhnya.

Dirinya menjelaskan tujuan dari dilakukan pengujian ialah untuk terus mengontrol hasil dari penanaman yang ada di demplot Kometroganik. Disamping itu juga hasilnya akan diinformasikan ke publik sebagai bentuk upaya peningkatan kesadaran terhadap gaya hidup sehat melalui bahan pangan organik.

“Dengan dicobanya beras hasil panen, maka akan diketahui seberapa besar kandungan organik yang ada. Dan karena ini merupakan program tanam padi yang pertama, kami akan terus menguji hingga padi dan beras yang dihasilkan benar-benar organik dan mungkin dua minggu kedepan kita sudah bisa mendapatkan hasil dari pengujian tersebut,” pungkasnya.
(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini