Warga Metro Sambut Antusias Peluncuran Agrowisata Taman Punden Mulyosari

Metro (07/02/2020) – Warga Kota Metro, khususnya yang berdomisili di sekitar Mulyosari, menyambut antusias hadirnya dan lounching Agrowisata Taman Punden Mulyosari.

Kawasan Agrowisata tersebut merupakan pengembangan laha pertanian yang biasanaya hanya menjadi ladang garapan padi dan perkebunan, kini menjadi kawasan produktif dengan mengusung konsep hiburan keluarga yang berwawasan edukasi ekowisata pertanian.  Atau dikenal dengan ‘edu-ecu-park’.

Sejalan dengan konsep tersebut, Metro yang merupakan salah satu kota di Provinsi Lampung memiliki lahan yang berpotensi menerapkan konsep ecu-park.

Untuk merealisasikan konsep fantastis tersebut, putra asli daerah Metro, Fritzs Akhmad Nuzir secara khusus mengajak pihak-pihak terkait untuk menjadikan kawasan Mulyosari sebagai kawasan percontohan, yang nantinya akan diterapkan juga disejumlah daerah potensial lainnya di Kota Metro.

“Konsep ini penting karena dapat menjaga kualitas air tanah dan memberdayakan lahan dengan menanam berbagai jenis tanaman mulai dari padi dan jenis tanaman holtikultura serta memanfaatkan berbagai jenis hewan seperti ikan,” ujarnya disela-sela persiapan lounching Sabtu (08/02/2020).

Fran sapaan akrabnya yakin penerapan edu-eco park bisa memecah kebuntuan dan inovasi para petani penggarap atas segala persoalan dalam memberdayakan lahan. Bahkan, jika program ini ditiru oleh petani penggarap lainnya di Kota Metro, prospek ke depannya pemanfaatan lahan dengan budidaya tanaman holtikultura akan menjadi wahana wisata.

Untuk diketahui, pada acara nanti, pukul 09.00 wib, akan digelar Peluncuran Agrowisata Taman Punden Mulyosari dan Sarasehan Edu-Eco Park dengan tema ‘Pertanian Organik, Edukasi, dan Wisata Berbasis Lingkungan di kelurahan Mulyosari 16 A, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro.

Kegiatan ini selain sarasehan juga akan dilakukan pendidikan dan teknik menanam padi, cara beternak ikan (jenis lele, red) dan memanfaatkan lahan menjadi taman dengan memberi sentuhan tanaman bunga warna-warni. Sasaran atau objek kegiatan ini selain petani penggarap, juga akan diterapkan kepada para masyarakat awam dan siswa sekolah.

Marsono, selaku pemilik Taman Punden Mulyosari menyambut baik ide brilian yang diinisiasi oleh Fran putra dari mantan Walikota Metro dua periode Lukman Hakim tersebut.

“Saya sudah jauh hari dihubungi bapak Fran soal sarasehan ini. Alhamdulillah ide bapak Fran ini  akan kita laksanakan besok,” kata Marsono, Jumat 7 februari 2020 di kediamannya.

Menurut Marsono, ending dari kegiatan ini diharapkan bisa mmebuka mata para petani penggarap, pemerintah dan amsyarakat awam bahwa tehnik bertani padi dan holtikultura bisa menuntaskan persoalan maupun keluhan petani, etrutama saat tidak sedang panen.

“Itu manfaat dari memanfaatkan lahan dengan tanaman holtikultura. Saat tanaman padi belum masuk masa panen, kita bisa memanen ikan, sayuran dan berbagai tanaman lainnya,” imbuh Marsono.

Sumber: http://wartalensaindonesia.com/show/berita/warga-metro-sambut-antusias-peluncuran-agrowisata-taman-punden-mulyosari/114

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini